ER Indonesia Perluas Jangkauan Layanan

  • 0

ER Indonesia Perluas Jangkauan Layanan

Category : artikel

EMERGENCY Response (ER) Indonesia memperluas jangkauan layanan transportasi untuk memudahkan evakuasi medis bagi pasien di berbagai wilayah. Kini ER bukan hanya menyediakan ambulans darat, melainkan juga ambulans udara.

Direktur ER Indonesia Edi Alpino mengatakan semua ambulans dilengkapi dengan peralatan medis khusus, seperti halnya ruang NICU/PICU/intensive care unit (ICU). Di antaranya, ventilator (alat bantu napas), infuse pump, dan alat lain untuk memonitor kondisi pasien selama perjalanan.

“Evakuasi medis hal yang sangat riskan. Jadi, tim ambulans biasanya didukung tenaga medis mulai dokter spesialis, perawat terlatih yang sudah terbiasa menangani kasus pemindahan pasien,” katanya.

Selain memberikan pelayanan evakuasi medis pasien dewasa, ER Indonesia dikenal sebagai spesialisasi pelayanan evakuasi medis bagi bayi baru lahir dan anak-anak yang sedang dalam kondisi kritis.

Layanan itu juga ditunjang dengan peralatan medis yang dibutuhkan, seperti inkubator bayi, ventilator mekanik untuk bayi premature dengan berat badan sampai dengan 500 gram, responder bag, dan resuscitator neonatus.

Laki-laki yang akrab disapa Pino itu juga menjelaskan ER Indonesia yang merupakan unit usaha Bundamedik Healthcare System (Bmhs) melakukan pelayanan evakuasi medis sejak 2008. Pemindahan dan evakuasi pasien bukan hanya dilakukan di level domestik, melainkan juga internasional. Selain itu, sederet rumah sakit pemerintah dan swasta telah menjadi mitra mereka.

Berbagai jenis ambulans dimiliki ER Indonesia. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Yang baru dirilis awal tahun ini ialah VVIP Ambulans, yaitu ambulans Mercedes Sprinter A2. Ambulans VVIP dikhususkan untuk melayani pasien yang membutuhkan pelayanan premium.

Selama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud melawat ke Jakarta dan berlibur Bali, ER Indonesia diminta Rumah Sakit MRCC Siloam untuk ikut menunjang kegiatan pelayanan medis, khususnya dalam melakukan rujukan ke rumah sakit itu dengan ambulans VVIP apabila keadaan darurat terjadi.


Leave a Reply

Search